Budidaya Ayam Bangkok Datangkan Rezeki bagi Nardi

Gagasan.co.id, Agrobisnis - Hingga saat ini peluang usaha budidaya ayam Bangkok masih tetap menjanjikan. Pemilihan ayam Bangkok sebagai salah satu ayam aduan karena ayam ini memiliki badan yang besar, gesit dan agresif. Selain itu, menurut penuturan Nardi salah seorang pelaku wirausaha budidaya ayam Bangkok asal Madiun, ayam Bangkok memiliki mental tarung yang tangguh, dan karakter yang luar biasa.

“Dari sisi bisnis, budidaya ayam bangkok sangat menjanjikan. Seperti yang kita tahu, jika masuk dalam dunia bisnis yang berbasis hobi, maka trennya akan selalu berubah. Namun, efek perubahan tren pasar di dunia hobi ini ternyata tidak kuasa menggeser budidaya ayam Bangkok yang stabil. Bahkan, dari tahun ke tahun peminat ayam Bangkok malah semakin bertambah.” Ungkap Nardi.

Apa yang diungkapkan oleh Nardi mungkin ada benarnya. Di Jawa, salah satu contohnya, prosesi melantik seorang pendekar dari perguruan pencak silat juga menggunakan ayam bangkok. Karena inilah, pada bulan-bulan tertentu permintaan ayam bangkok biasanya akan melonjak cukup drastis.

“Satu alasan kenapa saya meninggalkan budidaya burung, khususnya kenari dan beralih ke ayam bangkok, karena anakan ayam yang baru menetas saja sudah langsung dibeli orang. Bahkan, beberapa orang juga kerap indent untuk memiliki ayam bangkok dari peternakan saya.” Tambahnya.

Tips Sukses Ternak Ayam Bangkok

Menurut Nardi, jika ayam jantan dari peternakan kita kerap menang aduan, maka untuk pemasaran anakan ayam tersebut tak perlu khawatir. Karena pembeli akan datang sendiri ke farm untuk mencari anakan Bangkok trah juara.

“Asal ayam kita sering juara dalam ajang sabung, maka biasanya para pembeli akan mencari anakan di tempat kita. Jadi, tak perlu lagi repot-repot buat iklan atau menawarkan ke orang, justru orang-orang yang akan mencari kita. Yang jelas, sebelum memulai usaha ternak ayam, alangkah lebih baik jika kita mengenali skema pasar, siapa saja yang ada dalam komunitas dan memilih bibit ayam bangkok yang bagus.” Ujar pria yang sudah puluhan tahun menekuni bisnis burung ocehan dan ayam bangkok ini membagikan tips suksesnya.

Ayam bangkok yang bagus dan berkualitas juara, menurut Nardi bisa dilihat saat sang ayam berdiri. Ayam bangkok yang bagus biasanya memiliki tubuh yang atletis, gagah, dan badan yang memanjang. Saat berdiri tegak, dari ujung kepala hingga ekor, seakan membentuk sudut miring 60 derajat. Dengan posisi 60 derajat ini, seakan ayam telah berada dalam posisi siaga tarung. Perbedaan mencolok antara ayam lokal dan bangkok bisa dilihat dari kakinya, ayam bangkok memiliki bentuk kaki yang panjang, paha gempal, berbentuk persegi atau belimbing, jari-jarinya kecil dan memanjang.

“Saat memilih ayam bangkok baik untuk indukan atau aduan, pilihlah ayam yang berbadan tegap dan memiliki kulit kasar seperti halnya buah jeruk. Semakin kasar kulit ayam tersebut, konon sang ayam mampu menahan rasa sakit saat bertarung. Jika ingin mendapat ayam yang memiliki pukulan yang bagus, bisa Anda coba ayun ayam tersebut, jika kondisi kaki kokoh mengatung semua, maka bisa dipastikan ayam tersebut berkualitas.” Tambahnya.

Tips Pengembangbiakan Ternak Ayam Bangkok

Untuk berternak ayam bangkok, menurut Nardi sangatlah mudah. Asal kita mendapatkan bibit berkualitas, maka hasil yang bisa kita dapatkan juga pasti bagus dan diterima di pasaran. Selain terkenal mudah dalam perawatan, ayam bangkok juga memiliki produktivitas yang tinggi. Bayangkan, dalam rentan satu tahun, ayam betina mampu bertelur hingga 6 kali, jika perawatan dan nutrisi pakan si ayam terpenuhi dengan baik.

“Sekali bertelur biasanya terdapat minimal 9 telur, dimana dari sembilan itu satu atau dua telur kerapkali tidak netas. Salah satu ciri anakan ayam bangkok yang bagus, konon dari perbandingan dari jumlah telur yang menetas. Jika jumlah yang jantan lebih sedikit dari jumlah betina, maka bisa dipastikan ayam bangkok itu bakal memiliki mental juara.” Ujar pria yang juga menjadi penjual aneka jenis ayam di pasar Burung Madiun ini.

Namun demikian, menurut pengakuan Nardi, untuk membedakan jenis antara jantan dan betina anakan ayam yang baru menetas cukup susah. “Paling ya menunggu beberapa minggu lagi agar jenis kelamin ayam bisa terlihat jelas. Namun, jika sudah usia lebih dari 5 bulan, jenis ayam sudah bisa dengan mudah dibedakan.” Ungkap Nardi.

Nardi biasanya menjual anakan ayam bangkoknya dengan harga 75 ribu per ekor. Semakin tinggi usia si ayam, semakin melambung pula harganya. Untuk ayam usia 7 bulan yang memiliki cara bertarung yang bagus, biasanya dijual Nardi seharga 1 juta. Dan, untuk indukan Nardi menjual seharga 3 jutaan untuk si pejantan dan 2 jutaan untuk yang betina.

Dalam hal perawatan, menurut Nardi tidaklah sulit. Asal telaten dan fokus, Nardi menjamin kualitas ayam akan cepat meningkat. “Saat ayam masih usia 1 – 60 hari, sebaiknya dipisahkan dengan indukan, dan ditempatkan di kotak khusus yang dikasih lampu dop, agar suhu tubuh tetap hangat. Untuk pakan, anakan ayam ini diberi pur ayam 511 dicampur jagung giling, bekatul, beras merah dan tepung ikan. Ingat, ayam bangkok ini bukan ayam pedaging, jadi dalam pemberian makan jangan terlalu over atau kekurangan. Dengan tubuh yang ideal, justru ayam akan memiliki teknik bertarung yang bagus.” Ujar Nardi.

Salah satu kendala yang biasanya menyerang peternakan ayam adalah virus atau penyakit unggas. Kendala ini memang selalu dirasakan oleh peternak ayam. Untuk mengantisipasi hal ini, Nardi biasanya akan segera mengambil ayam yang terkena penyakit untuk dipisahkan atau dititipkan ke kandang teman agar bisa pulih.

“Bagi ayam yang terkena penyakit secepat mungkin harus diungsikan atau dikarantina, agar penyakit tidak menyebar ke ayam-ayam yang lain. Karena inilah seminggu atau sebulan sekali, sebaiknya ayam bangkok ini diberi ramuan tradisional berupa mpon-mpon, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan si ayam.”Ungkap pria yang telah menjual anakan ayam bangkok hingga ke pulau Kalimantan, Bali, hingga Sumatera ini. (owi/cpn)

KOMENTAR

Nama

Agrobisnis Akademik Berita Dumai Inhil Inhu Jasa Kampar Keuangan Kuansing Makanan Meranti Pekanbaru Pelalawan Pemerintah Perdagangan Pilihan Riau Rohil Siak Rohul Sosial Swasta Teknologi Informasi Transportasi
false
ltr
item
Gagasan: Budidaya Ayam Bangkok Datangkan Rezeki bagi Nardi
Budidaya Ayam Bangkok Datangkan Rezeki bagi Nardi
http://4.bp.blogspot.com/-WARAd3PS6aU/VXEeCGurC8I/AAAAAAAAAFM/qdZLB2Fjg6o/s400/Ayam%2BBangkok%2B-%2Bgagasan.co.id.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-WARAd3PS6aU/VXEeCGurC8I/AAAAAAAAAFM/qdZLB2Fjg6o/s72-c/Ayam%2BBangkok%2B-%2Bgagasan.co.id.jpg
Gagasan
http://www.gagasan.co.id/2015/06/budidaya-ayam-bangkok-datangkan-rezeki.html
http://www.gagasan.co.id/
http://www.gagasan.co.id/
http://www.gagasan.co.id/2015/06/budidaya-ayam-bangkok-datangkan-rezeki.html
true
6403831989757951965
UTF-8
Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Membalas Hapus By Home PAGES POSTS Lihat Semua Berita Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH Berita Terbaru Tidak Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock